Tips Mencegah Mata Lelah saat Menggunakan Komputer

CareUEyes

Berlama-lama di depan komputer tentu akan mengakibatkan mata lelah, apalagi pada saat harus mengerjakan sesuatu yang butuh ketelitian seperti membuat desain, editing foto, ataupun saat melakukan coding atau pemrograman, dan lain sebagainya.

Apalagi karena terlalu fokus sampai jarang berkedip dan berlangsung berjam-jam, tentu mata Anda akan cepat lelah, dan hal ini juga beresiko merusak mata Anda.

Ada banyak tips yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi mata lelah. Mulai dari mengistirahatkan mata, mengatur posisi monitor, mengatur kecerahan monitor, senam mata, olahraga mata, sampai cuci mata :mrgreen:

Mengurangi Sinar Biru.

Salah satu hal yang menyebabkan mata cepat menjadi lelah adalah akibat dari paparan sinar biru atau blue light.

Sinar Biru yang memiliki panjang gelombang atau wavelengths di kisaran 380 sampai dengan 500 nm, merupakan sinar terjauh yang dapat di tangkap oleh mata manusia. Sinar Biru juga memiliki energi paling tinggi di banding sinar tampak lainnya.

Sinar Biru secara alami dipancarkan oleh matahari. Dan juga dari sumber lain yang bersifat non alami seperti TV, LED Screen, Smartphone, Tablet dan berbagai perangkat lainnya.

Untuk mengurangi resiko terpapar sinar biru, ada beberapa aplikasi yang bisa di pakai salah satunya adalah CareUEyes. Anda bisa mendownload gratis dari situs resminya di care-eyes.com.

Cara Menggunakan Aplikasi CareUEyes.

Untuk dapat menggunakan software CareUEyes, Anda harus mendownload dan menginstallnya di PC atau Laptop. Penggunaannya pun cukup mudah, di software CareUEyes versi 1.1.0.12 ketika aplikasi di buka akan tampak 4 menu yaitu:

  • Menu Rest Timer.
    Pada menu ini terdapat settingan untuk menjadwal waktu istirahat, defaultnya adalah setiap 45 menit istirahat 5 menit. Pada saat istirahat ini, layar PC hanya akan menampilkan wallpaper atau desktop background saja beserta waktu istirahat.

    Inilah jeda waktu yang bisa di pakai untuk mengistirahatkan mata Anda. Caranya adalah dengan melihat ke tempat yang lebih jauh, terlebih lagi untuk melihat pemandangan yang berwarna hijau seperti pohon dan sebagainya.

    Dan dengan menggunakan fitur ini, Anda juga bisa mempraktekkan salah satu teori yang bisa mencegah mata cepat lelah yaitu 20, 20, 20. Setiap 20 Menit menatap layar komputer, istirahatlah minimal 20 detik, dengan melihat ke arah jauh sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter.

  • Menu Display.
    pada menu ini Anda akan mendapati pengaturan untuk mengatur kecerahan layar (bright) dan mengurangi sinar biru, dengan cara mengurangi temperatur atau suhu dengan menggeser ke kiri slider warm, yang membuat warna layar monitor cenderung berwarna orange.

    Selain itu juga disediakan beberapa mode pengaturan seperti Normal, Smart, Office, Night, Game, Movie, Editing dan Reading.CareUEyes

  • Menu Preferences.
    Dalam menu preferences ini terdapat beberapa pengaturan untuk mengelola aplikasi CareUEyes seperti:
    – Pilihan untuk cek update.
    – Memulai aplikasi saat komputer dinyalakan.
    – Menampilkan Ikon di System tray dan lain-lain.
  • Menu About.
    Berisi tentang catatan informasi versi CareUEyes dan sebagainya.

Jadi dengan menggunakan aplikasi CareUEyes ini, Anda jadi lebih mudah dalam mengatur kecerahan layar dan juga tidak perlu harus mengingat kapan harus mengistirahatkan mata, karena otomatis akan diingatkan, dengan begitu mata Anda tidak akan cepat lelah, dan tentu saja sekaligus mengurangi resiko sakit mata.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*